Angkringan Nasi Kucing "Luluk"


Yang penulis CirebonKuliner perhatikan, ini Nasi Kucing adalah kuliner yang saat ini sedang banyak digandrungi di kota Cirebon. Dan saat ini memang sudah mulai banyak penjual nasi kucing angkringan. Kalau boleh, penulis CirebonKuliner ingin membahas dahulu sedikit mengenai angkringan dan nasi kucing atau sego kucing itu sendiri.


Angkringan dalam bahasa Jawa berasal dari kata angkring yang artinya duduk santai. Dan Angkringan adalah sebuah gerobak dorong sederhana yang menjual berbagai macam makanan, dimana biasanya kuliner utama yang dihidangkan adalah nasi atau sego kucing.


Sedangkan nasi kucing bukanlah nasi dengan hidangan tertentu, melainkan lebih kepada cara penyajian menu nasi yang biasa ditemukan di Angkringan, yaitu dengan cara penyajian dengan menu yang sedikit seperti menu untuk pakan kucing. Dan ciri khas inilah yang kemudian menjadi populer Angkringan Nasi Kucing.


Di Cirebon, penulis CirebonKuliner menemukan warung Angkringan Nasi Kucing yang menarik, yaitu Angkringan Nasi Kucing "Luluk" yang terletak di jalan Veteran nomor 35 kota Cirebon. Ini adalah cabang dari Semarang, dan di Cirebon sendiri ada dua cabang Angkringan Nasi Kucing "Luluk" yaitu di jalan Cipto dan di jalan Veteran.


Seperti yang memang sudah menjadi ciri khas Angkringan, menu yang dijual adalah menu-menu sederhana seperti nasi kucing, telur puyuh, tahu dan tempe bacem, dan lain-lain. Sedangkan yang istimewa dari Angkringan Nasi Kucing "Luluk" ini adalah cekernya.

Iya, nampaknya, ceker adalah kuliner andalan dan yang istimewa dari Angkringan Nasi Kucing "Luluk". Penulis CirebonKuliner juga melihat ada beberapa jenis nasi kucing yang ditawarkan Angkringan Nasi Kucing "Luluk", dari nasi kucing oreg tempe, suwir dadar, dan lain-lain. Penulis CirebonKuliner memesan nasi kucing oreg, dengan pelengkap telur puyuh, dan ceker yang digoreng.


Setelah penulis CirebonKuliner mencicipi, memang, cekernya adalah yang paling istimewa di Angkringan Nasi Kucing "Luluk" ini. Rasa cekernya manis sekaligus gurih dan ada asin sedikit. Pas sekali! Makin nyaman dengan suasana tempat makan yang cukup luas dan menarik.

Sedangkan soal harga, cukup Rp Rp 23.000,- saja untuk satu porsi nasi kucing oreg, satu tusuk telur puyuh, 6 ceker goreng, dan tiga es jeruk! Murah kan... Jadi, buat penggemar nasi kucing, Angkringan Nasi Kucing "Luluk" ini sangat layak untuk dicoba!

3 Komentar:

  1. Cekernya yang istimewa. Sedapp gila. :D

    Terima kasih sudah berkunjung & berkomentar.

    ReplyDelete
  2. pengen ikut buka nih nasi kucing... bagaimana caranya..???

    ReplyDelete

Terimakasih telah mengunjungi www.CirebonKuliner.com. Apabila berkenan, penulis CirebonKuliner.com berharap pembaca bersedia untuk menulis komentar yang positif atau kritik yang membangun, baik untuk kuliner/tempat makan yang diulas, ataupun juga untuk CirebonKuliner.com itu sendiri.