New Star Kopitiam




Saat ini, tempat makan dengan plot kedai kopi nampaknya sedang menjadi tren di Indonesia. Salah satu yang populer saat ini adalah dengan konsep kopitiam. Dalam kesempatan kali ini, penulis Cirebon Kuliner ingin berbagi sedikit informasi yang menurut penulis Cirebon Kuliner penting. Kopitiam adalah bahasa Melayu dan Hokkian. Dalam kosakata Hokkian, tiam berarti warung atau kedai. Jadi, kopitiam dalam bahasa Indonesia bisa diartikan secara literal sebagai warung kopi.

Hanya saja, kopitiam lebih merujuk kepada warung kopi di daerah Melayu, khususnya Singapura, Malaysia, dan sebagian wilayah Indonesia seperti Riau, Jambi, dan Medan. Dan yang menjadi ciri khas atau identitas, atau tipikal kopitiam adalah minuman kopi dan teh, serta berbagai jajanan atau makanan ringan jaman dulu di daerah Melayu sana, dimana kopinya adalah kopi hitam tubruk, atau kopi hitam dengan pemanis gula, atau dengan susu kental manis, atau dengan susu murni cair. Sedangkan makanan tipikal kopitiam adalah jajanan ringan seperti krupuk ikan, roti tawar dengan berbagai pilihan selai atau es krim. Dan makanan beratnya adalah makanan-makanan dari Melayu, seperti nasi lemak, mie ala Melayu dengan pengaruh peranakan (turunan Tionghoa), dan lain-lain.

Di kota Cirebon sendiri, sudah ada beberapa kedai kopi dengan konsep kopitiam. Salah satunya adalah New Star Kopitiam yang berada di CSB Mall kota Cirebon. Dengan penampilan tempatnya yang menarik, New Star Kopitiam CSB Mall kota Cirebon ini memang mampu menarik para pengunjung CSB Mall kota Cirebon yang sedang mencari tempat makan dengan suasana nyaman, dan berkesan eksklusif. Penulis Cirebon Kuliner pun menyempatkan diri untuk datang berkunjung dan mencoba menunya.




Saat berkunjung, penulis Cirebon Kuliner memesan satu porsi nasi ayam goreng asam manis, dan satu kopi susu, serta satu botol air mineral, semuanya ini seharga sekitar Rp 40.000,-an. Harga yang standar untuk tempat makan di dalam Mall. Soal rasa, menu sajian New Star Kopitiam ini tergolong lumayan enak, nyaman di lidah. Nilai utamanya adalah tempatnya itu sendiri yang memang nyaman untuk keluarga, dan individu yang membutuhkan suasana tenang, nyaman, dengan harga yang relatif terjangkau, apalagi, New Star Kopitiam ini juga memiliki fasilitas WiFi gratis yang bisa menambah kenyamanan pengunjungnya.

Bagi yang belum pernah berkunjung, New Star Kopitiam CSB Mall kota Cirebon ini paling pas untuk didatangi bersama keluarga saat liburan, atau di akhir pekan. Pengunjung bisa memesan berbagai menu makan yang familiar dengan harga yang relatif rendah, dan rasa yang lumayan enak, dan tentunya, tempat yang nyaman untuk berlama-lama bersama keluarga.

Nasi Ayam Goreng Asam Manis dan Kopi Susu ala New Star Kopitiam CSB Mall kota Cirebon

0 Komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi www.CirebonKuliner.com. Apabila berkenan, penulis CirebonKuliner.com berharap pembaca bersedia untuk menulis komentar yang positif atau kritik yang membangun, baik untuk kuliner/tempat makan yang diulas, ataupun juga untuk CirebonKuliner.com itu sendiri.